Kata Mutiara

"Perjalanan menempuh 1000 mil dimulai dari satu langkah pertama"
Powered By Blogger

Sabtu, 27 Juni 2009

Blog ? Apa itu?

BLOG = WEB LOG

Blog memiliki arti yang berbeda-beda untuk setiap orang, ada yang mengatakan blog adalah sebuah online diary, ada yang mengatakan blog adalah situs pribadi, ada yang mengatakan blog adalah jaringan sosial seperti (layaknya friendster, myspace, atau facebook), dan ada yang mengatakan blog adalah sebuah majalah dinding digital (dimana kita bisa memaparkan puisi, karya ilmiah, lukisan, opini, dll).

Dalam versi saya, blog adalah sebuah website atau situs. Sebuah situs yang menggunakan program dengan system yang dapat mengatur isi/konten didalamnya. Kalau dalam bahasa kerennya adalah CMS (Content Management System) yang artinya, website/situs tersebut menggunakan software/program yang telah didesain agar memudahkan kita untuk membuat, mempublikasikan dan mengatur isi kontent situs kita baik tulisan, gambar, suara ataupun video. Jadi, system CMS inilah yang memudahkan setiap orang untuk membuat website mereka baik yang bersifat pribadi, komersial, ataupun organisasi (dipakai banyak pihak). Dalam aplikasinya terhadap isi/konten situs, system ini bekerja mirip-mirip seperti cara menyusun jurnal atau diary, yang berisikan postings (entry) tunggal dan diorganisir (diatur) menurut tanggal diterbitkan atau arsip.
Apa gunanya Blog?

Blog digunakan oleh banyak orang untuk kegiatan yang beragam. Ada yang menggunakannya sebagai tempat curhatan/diary online dimana mereka menyimpan setiap cerita hidup yang mereka alami dari hari-ke-hari, beberapa orang menggunakannya sebagai tempat membahas masalah ekonomi, sosial, politik, seni atau topik-topik yang lebih spesifik, sebagian orang menggunakan blog untuk bisnis (tempat kegiatan jual-beli), sebagian membuat blog untuk mencari jodoh (well, that’s what I’m doing lately), mencari teman atau relasi, ada yang menggunakannya untuk mempromosikan club/community dan ada juga yang menggunakan blog sebagai iseng-isengan saja agar dibilang ga ketinggalan jaman alias up-to-date… Yup, hari gene gak punya blog? Apa kata dunia… :) Tapi yang jelas, blog bisa digunakan untuk kegiatan apapun sebagai media informasi dan komunikasi 2 arah atau lebih.
Tipe-tipe blog yang ada saat ini:

Ada beragam jenis/tipe blog yang beredar didunia maya saat ini. Penjelasan jenis tipe-tipe blog ini bukan berdasarkan tujuan kegunaanya saja tetapi berdasarkan isi kontennya seperti:

Blog pada umumnya (General Blogs): Ketika kamu mendengar kata “blog” dari orang lain, atau di suatu tempat, biasanya blog yang dimaksud adalah blog tipe ini. Blog-blog ini isi kontennya biasanya berbasis text (tulisan), tetapi banyak juga (images) gambar, video atau suara yang di-kombinasikan didalamnya. Blog jenis ini banyak ditemukan karena memang sangat mudah untuk membuat dan memaintain (mengurus)nya. Contohnya adalah blogpraktis.com ini.

Photo blogs: Photo blog atau Phlogs adalah tipe blog yang digunakan orang untuk saling membagi (sharing) photo dari berbagai koleksi photo. Biasanya blog jenis ini dibuat untuk tujuan khusus yaitu seputar pembahasan photography. Dalam phlogs, isi kontennya pada umumnya adalah photo (images) makanya dikasi nama Photo Blog. Contohnya adalah flickr.com.

Audio Blogs: Audio blogs adalah jenis tipe blog yang isi kontennya banyak terdapat file musik/suara (mp3, wav, dan midi). Audio blogs sering dikategorikan sebagai blog penyedia musik mp3 gratisan. Blog jenis ini sering di tutup atau banned karena banyak melanggar hak cipta. Audio Blogs dapat dikategorikan lagi sesuai dengan genre (aliran) musik yang disediakannya. Perusahaan musik juga menggunakan ini sebagai media promosinya, tetapi kebanyakan panjang musik dan kualitas suara dibatasi. Contoh blog jenis ini adalah: hehehe… saya gak mau bilang karena bisa melanggar hukum.

Mobile Blogs: Mobile blog atau moblogs adalah jenis tipe blog yang dibuat dan digunakan memakai peralatan mobile seperti PDA atau Mobile Phones yang telah mendukung kegiatan moblogs. Karena perkembangannya yang sangat cepat, di Singapore (negara tetangga kita) bahkan membuat sebuah hari nasional moblogs. Keren banget kan, sampai-sampai ada hari nasionalnya. Dalam moblogs biasanya isi kontennya hampir sama dengan general blogs (blog pada umumnya) yaitu berbasis tulisan tetapi porsinya tidak terlalu banyak. Dalam moblogs ada juga kegiatan photo sharingnya seperti phlogs tapi para moblogger menyebutnya gLogs.

Video Blogs: Video blogs atau Vlogs adalah jenis tipe blog yang isi kontennya terdapat banyak video/film. Mereka (vloggers) saling sharing video, pada masa awal perkembangannya, vlogs dibuat untuk tujuan khusus yaitu saling membagi dan membahas tentang hal video. Tetapi saat ini vlogs bisa dinikmati dan terbuka bebas untuk siapapun yang ingin membuatnya. Contoh vlog bisa dilihat di www.vlogmap.org.
Mengapa blog begitu populer?

Ada beberapa faktor yang bisa saya simpulkan mengapa blog begitu populer di mata masyarakat dunia dan Indonesia.

1. Mudah didapat dan ekonomis. Ini berhubungan dengan yang namanya strategy pemasaran yaitu semakin mudah mendapatkan barang semakin banyak pula orang yang menginginkannya. Maksud saya disini adalah, blog begitu mudah untuk kita akses, asalkan ada jaringan internet, maka blog pun bisa kita nikmati. Walaupun saat ini tidak semua masyarakat kita umumnya di Indonesia punya internet, tapi warnet-warnet telah banyak dibuka dan ini memberikan akses ke kita ke blog-blog yang ada. Hal kedua adalah Ekonomis. Saat ini, sudah ada puluhan penyedia blog gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog dengan nol rupiah. Ada beberapa layanan yang berbayar tetapi itu semua hanyalah tambahan ekstra fiturnya yang mana tidak menjadi persyaratan mutlak dalam memiliki blog.

2. Flexibilitas dalam menjalankannya. Blog memiliki keunggulan-keunggulan lebih dalam kegiatan maintenance (pemeliharaan) dan penambahan konten dibandingkan website statis.

Banyak perbandingan yang bisa kita ambil disini, pertama dalam segi membuat konten baru. Tanpa perlu ilmu html (bahasa pemrograman website), kamu dapat dengan mudahnya membuat tulisan, menambah gambar, atau video kedalam blog kamu. Semua dipermudah dengan sistem cms yang telah diintegrasi dengan user interface (tampilan) yang sangat mudah dimengerti setiap orang didunia ini.

Perbandingan kedua adalah, blog dapat kita atur sedemikian rupa agar sesuai selera tanpa harus ribet dengan masalah tampilan atau proses pembuatannya kecuali isi konten dimana pemilik blog bertanggung jawab untuk membuatnya. Banyak penyedia layanan blog gratis banyak juga penyedia layanan pendukung untuknya sehingga blog jauh lebih berkembang dan berbobot.

Perbandingan ketiga adalah blog sebagai media komunikasi dan interaksi. Kebanyakan blog memiliki konten yang dapat kita komentari bilamana kita memiliki pendapat-pendapat sendiri tentang artikel yang tertulis sehingga terjadi sebuah interaksi antara kita, pemilik blog dan pembaca blog lainnya. Ini adalah salah satu evolusi terbesar dalam internet dimana blog mengalahkan website tradisional karena dapat difungsikan sebagai alat komunikasi sehingga lebih dipercaya.

Tertarik untuk memiliki blog? Buatlah sekarang juga dan ikuti tutorialnya di blogpraktis.com…

Salam Ngeblog,

sumber : www.blogpraktis.com
Hak Cipta Dilindungi.

Tidak ada komentar: